Senin, 24 September 2018

Manfaat Manasik Haji Anak Usia Dini

Salah satu agenda yang diselenggarakan di sekolah TK, PAUD, atau RA adalah manasik haji anak. Biasanya dilaksanakan dekat momen Hari Raya Idul Adha, ibadah haji, atau akhir tahun.
Mengingat acara manasik haji anak ini perlu persiapan yang matang, peralatan yang tidak sedikit, dan tempat atau lapangan yang cukup luas untuk menampung murid-murid TK, PAUD, atau RA.



Manasik Haji itu Apa?

Manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, calon jamaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji.
Selain itu, para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.



Jadi manasik haji anak adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji bagian bagian tertentu yang bisa dipraktekan oleh anak terkait dengan keterbatasan yang dimiliki anak. namun begitu harapannya makna yang terdapat dalam ibadah haji dapat terfahami dengan baik dan terus bertumbuh semangatnya sehingga ibadah haji menjadi salah satu visi hidupnya.
Hal yang baisanya dilakukan di manasik haji anak adalah niat, sa’i, thowaf, lempar jumroh dengan penjelasan yang ada, yang tidak dilakukan adalah potong rambut, malah yang banyak adalah foto-foto.

1 komentar:

  1. hallo. untuk paket manasik itu. biaya perpaket kena berapa ya kak? dan biasanya itu jasa foto apa juga ikut memfoto langsung ditempat kegiatan saat manasik berlangsung?

    BalasHapus